WISUDA PROBIS PUSAT BISNIS UNIVERSITAS NEGERI MALANG 23 SEPTEMBER 2017

Selamat Kepada Para Wisudawan…..

PROBIS Pusat Bisnis Universitas Negeri Malang pada Tanggal 23 September 2017 melaksanakan acara Wisuda sebagai tanda berakhirnya masa kuliah para mahasiswa. Sebagai gambaran bahwa PROBIS Universitas Negeri Malang telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, saat ini   jumlah mahasiswa terdaftar pada semester gasal tahun akademik 2017/2018 sebanyak 919 mahasiswa. Sebanyak 187 mahasiswa berada di program studi Teknik Informatika, 193 mahasiswa berada di program studi Desain Grafis dan Multi Media, 174 mahasiswa berada di program studi Komputer Akuntasi, 109 mahasiswa berada di program studi Komputer Bahasa Inggris dan Perbankan, 12 mahasiswa berada di program studi Publik Relation & Komunikasi Publik, 69 mahasiswa berada di program studi Sekretaris, Public Relation & Digital Marketing, 12 mahasiswa berada di program studi Produksi Film & Televisi, 7 mahasiswa program studi English For Business , 16 mahasiswa berada di program studi Usaha Perjalanan Wisata, Tour & Travel dan 140 mahasiswa program diklat Teknik Otomotif.

Pada Wisuda PROBIS Pusat Bisnis UM Tahun 2017  meluluskan  364 orang. Mereka terdiri atas 179 orang lulusan Program Satu Tahun dan 185 orang lulusan Program Dua Tahun dengan perincian 74 wisudawan program studi Teknik Informatika, 70 wisudawan  program studi  Desain Grafis dan Multi Media, 75 wisudawan program studi Komputer Akuntasi, 35 wisudawan program studi Komputer Bahasa Inggris dan Perbankan, 12 wisudawan program studi Bahasa Inggris untuk Dunia Bisnis, 12 wisudawan program studi Public Relation dan Komunikasi Publik, 19 program studi Sekretaris, Public Relation & Digital Marketing serta 12 wisudawan Produksi Film dan Televisi, Diklat Suzuki 60 orang

PROBIS UM merupakan program pendidikan dalam bidang Otomotif,  bisnis dan teknologi informasi yang melibatkan multi disiplin ilmu yang relevan dengan kebutuhan dunia bisnis dan industri. Program ini diselenggarakan di bawah Pusat Bisnis Universitas Negeri Malang, dengan menggunakan fasilitas yang ada di Universitas Negeri Malang meliputi; ruang kelas klasikal, ruang laboratorium komputer, ruang praktikum ,ruang produksi dan bengkel kerja otomotif.

Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan adalah program satu dan dua tahun. Sistem pendidikan dirancang dengan menggunakan sistem satuan kredit semester (SKS). Total SKS untuk program satu tahun  bekisar 40 SKS, sedangkan program dua tahun berjumlah 80 SKS. Agar peserta didik memiliki kualifikasi yang memadai dalam hal keterampilan kerja, maka setiap mata kuliah menekankan pada aspek pendalaman keterampilan. Komposisi antara teori 20% dan praktek 80%.

Dalam rangka untuk menunjang kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan ini  didukung oleh fasilitas antara lain; 1) Laboratorium Internet dan Multimedia, 2)  Laboratorium Pemrograman, 3) Laboratorium Desain Grafis, 4)  Laboratorium Akuntansi, 5)  Laboratorium  Jaringan Komputer, 6)  Laboratorium Fotografi dan Videografi, 7) Ruang Praktek Cetak Reproduksi Grafika dan 8) Bengkel Kerja Otomotif Standar Perusahaan Suzuki

Peningkatan kemampuan dan keterampilan bagi lulusan PROBIS UM untuk bisa memasuki dunia kerja dilakukan dengan berbagai cara antara lain dengan menyusun kurikulum base competence, pembelajaran base project, dan menyelenggarakan  praktek  kerja industri bagi peserta didiknya agar memiliki kemampuan dan kesiapan dalam memasuki dunia kerja. Dengan kata lain, lembaga ini memang  secara khusus lebih menekankan jenis pendidikan untuk  menghasilkan  SDM  yang berkualitas,  produktif  dan siap kerja, sehingga mampu bersaing dengan rekan mereka di manapun.

Sebagian besar lulusan lembaga PROBIS UM, ini sudah banyak yang diserap oleh dunia kerja. Seperti lulusan pada program studi Teknik Otomotif (Suzuki –UM) yang memiliki MOU dengan perusahaan otomotif ternama Suzuki Jepang, memiliki program penempatan kerja untuk lulusannya tersebar di 188 Beres Suzuki di seluruh Indonesia. Lulusan program studi yang lain juga hampir 90 % setelah kelulusan sudah banyak yang mengisi posisi pekerjaan di berbagai perusahaan, instansi maupun berwirausaha mandiri. Sedangkan 10 % sisanya lulusan mereka memilih untuk kembali melanjutkan pendidikan di dunia akademis yang lain.

Pelaksanaan Wisuda PROBIS UM ini merupakan momen spesial bagi peserta didiknya, karena sekaligus menandai  berakhirnya  proses pendidikan yang mereka jalani dan berawalnya sebuah babak baru bagi mereka untuk siap menghadapi dunia nyata.  Dengan segenap ilmu dan kompetensi yang sudah diperoleh peserta didik selama mengikuti pendidikan di PROBIS UM, diharapkan mereka dapat menapaki dunia kerja dengan lebih mudah dan lebih baik.

Selamat Kepada Wisudawan…Kami menunggu karya nyata Anda..

Save