Workshop Evaluasi Kinerja dan Kurikulum Untuk Menyempurnakan Kurikulum PROBIS Dalam Rangka Memasuki Era Industri 4.0

Bertempat di Ubud Hotel and Cottages Malang pada hari Sabtu-Minggu tanggal 3-4 Agustus 2019, Pendidikan Keterampilan Otomotif, Bisnis, Industri dan Teknologi Informasi PROBIS Pusat Bisnis Universitas Negeri Malang mengadakan Workshop Evaluasi Kinerja dan Kurikulum. Workshop ini dihadiri oleh Ketua Pusat Bisnis Universitas Negeri Malang Bapak Drs. Kadim Masykur, M.Pd, Kepala Divisi Diklat Dr. Rustanto Rahardi, M.Si dan Kepala Sub Divisi PROBIS Bapak Mohamad Yasin, S.Kom., M.Kom.

Dalam sambutannya, Bapak Kepala Sub Divisi PROBIS menyampaikan bahwa Workshop ini bertujuan untuk mengadakan evaluasi kinerja manajemen dan dosen untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan yang telah diberikan oleh manajemen dan dosen kepada stakeholder (mahasiswa, peserta diklat dan masyarakat). Berangkat dari evaluasi tersebut disusun langkah-langkah perbaikan untuk meningkatkan mutu layanan. Disamping itu, workshop ini bertujuan untuk melakukan telaah terhadap kurikulum PROBIS guna melakukan penyesuaian dan perbaikan. Perubahan kurikulum dilakukan untuk lebih sesuai dan sinkron dengan kebutuhan pangsa kerja di dunia usaha dan dunia industry (DUDI).

Pada kesempatan lain, Bapak Kepala Pusat Bisnis dalam sambutannya menyampaikan tiga hal yang harus dilakukan agar PROBIS tetap bisa bertahan dan bersaing dalam era sekarang. Pertama harus bisa memberikan pelayanan yang lebih baik. Karena dengan pelayanan yang lebih baik akan menjadikan stakeholder menjadi puas. Kedua harus bisa menyesuaikan dengan perubahan, baik dari sisi kurikulum maupun dari sisi kemampuan dosen. Dengan kurikulum yang sesuai dengan pangsa pasar maka akan memudahkan lulusan untuk masuk dalam dunia kerja. Ketiga adalah sertifikasi. Kompetensi lulusan biasanya dilihat dari sertifikat yang dimiliki. Semakin besar dan kredibel lembaga yang memberikan sertifikat maka semakin bernilai sertifikat tersebut. Oleh karena itu sangat tepat jika PROBIS menjalin kerjasama dengan TRUST Unified System untuk menjadikan PROBIS sebagai tempat untuk pendidikan dan ujian untuk mendapatkan sertifikat bidang Microsoft Technology Associate (MTA) dan Microsoft Office Specialist (MOS).