Observasi Ke Ailani Food Salah Satu Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Kota Malang yang Go Digital di Era Industri 4.0

Untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan nyata bagi mahasiswa Prodi Desain Grafis & Multimedia Probis UM, yang sedang mengikuti mata kuliah Creative Preneur di Semester 2, maka pada Hari rabu tanggal 03 April 2019, mereka melakukan observasi ke industri UKM yang ada di Kota Malang. Kebetulan observasi kali ini dilakukan disalah satu UKM yang sudah Go Digital yaitu  CV Ailani Food. Ailani Food merupakan salah satu UKM yang menghasilkan produk makanan sehat olahan berbahan dasar jamur tiram berupa Abon Jamur. Di perusahaan ini juga memproduksi produk Healty Food berupa smooties dan aneka olahan sehat berbahan dasar buah, sayur dan kacang-kacangan.

Informasi yang ingin diperoleh pada saat observasi adalah tentang pengalaman pemilik usaha dalam membangun usahanya hingga mampu bertahan dan berkembang sampai saat ini. Tips dan trik dalam menjalankan usaha di era industri 4.0, selain itu yang lebih spesifik dan berhubungan dengan bidang ilmu grafis dan multimedia adalah tentang bagaimana Ailani Food membranding bisnis dan produknya, melalui berbagai strategi termasuk pada strategi promosi dan marketing mereka yang sudah memanfaatkan media online dan digital. Kontent kreatif pada media promosi dan marketing Ailani Food sangat menarik karena banyak unsur grafis dan multimedia yang mereka gunakan, dan Mereka juga memberikan tips dan triks bagaimana merancang sebuah konten kreatif untuk promosi produk dan company mereka.  Ailani Food juga menggunakan strategi penggunaan packaging produk yang cukup unik dan menarik dari aspek desain bentuk dan desain grafisnya, sehingga produk mereka bisa memiliki daya tarik kuat bagi konsumen. UKM seperti Ailani Food ternyata jumlahnya sangat banyak dilingkungan Kota Malang dan sekitarnya akan tetapi UKM-UKM yang sudah membranding dan mengemas promosi mereka sesuai dengan perkembangan jaman masih sangat sedikit, dan hal ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa Desain Grafis dan Multimedia untuk turut serta membantu agar UKM yang ada di lingkungan sekitar kita bisa lebih berkembang dan maju.

Sebagai kesimpulan dari observasi yang dilakukan adalah keberadaan seorang  desainer grafis dan multimedia dalam dunia bisnis dan industri secara khusus UKM sangatlah penting karena UKM yang ada di lingkungan Malang dan sekitarnya sangat membutuhkan sentuhan para desainer grafis dalam merancang konsep kreatif branding dan strategi promosi mereka.